Warga Anggap Biasa Letusan Lokon

Kompas.com - 12/07/2011, 11:27 WIB
EditorKistyarini

TOMOHON, KOMPAS.com — Kendati Gunung Lokon berstatus Awas, warga di Kelurahan Kinilow I yang berada di kawasan kaki gunung masih beraktivitas seperti biasa. Mereka tak khawatir kendati muntahan abu vulkanik terus terlihat dari Kawah Tompaluan hingga Selasa (12/7/2011) sekitar pukul 08.30 Wita.

"Saya sudah pernah melihat kondisi Lokon, jadi mengetahui persis bahaya yang ditimbulkan. Saat letusan mengeluarkan api saja waktu lalu belum mengungsi, kini masih tetap menunggu perkembangan," ujar Henny Lalawi, warga Kinilow Lingkungan I.

Wilayah tersebut masuk dalam kawasan yang ditetapkan untuk dievakuasi karena masuk jangkauan bahaya letusan Kawah Tompaluan Lokon, seperti awan panas dan lontaran batu pijar. Jarak ke kawah berkisar 2 kilometer saja.

Henny mengaku sudah terbiasa dengan geliat yang ditunjukkan Lokon lewat muntahan abu vulkanik yang terjadi setiap hari. "Saya tidak gugup karena sudah terbiasa," katanya.

Yultje Tumampas, warga lainnya yang sempat mengungsi ke kerabat dekatnya, memilih kembali ke rumah karena melihat kondisi tak membahayakan. Apalagi, belum ada instruksi untuk segera mengungsi. "Hanya informasi akan mengungsi, tetapi belum ada instruksi langsung," tukasnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X