Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Diminta Waspadai Gunung Lokon

Kompas.com - 11/07/2011, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menerbitkan Notice to Airman (Notam) terkait meletusnya Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, pada hari Senin (11/7/2011). Semua penerbangan yang melewati kawasan tersebut harus berhati-hati, dan kalau dapat menghindari kawasan itu.  

Hal itu dinyatakan dalam Notam (Notice to Airman) yang dikeluarkan Notam Office Ditjen Perhubungan Udara No. A0920/11. Dalam Notam, zona berbahaya dari letusan gunung tersebut adalah 10 Nautical Mile sekitar 18,52 km dari Gunung Lokon. Pengaruh debu vulkanik Gunung Lokon pada Ashtam No. 0031/11 adalah orange yang berarti semua penerbangan yang melewati kawasan tersebut harus siaga.

"Kementerian Perhubungan, akan selalu memantau Gunung Lokon. Untuk memberi peringatan terhadap keselamatan penerbangan kita," kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, Senin ini.  

Gunung Lokon pada Senin (11/7) pagi meletus dua kali yaitu pada pukul 00.39 WITA dan 00.50 WITA. Saat ini status Gunung Lokon ditingkatkan dari level waspada (III) menjadi awas (IV). Sebelumnya, Gunung Lokon menyemburkan abu vulkanik pada Rabu (23/3/2011).

Semburan Gunung Lokon (1.689 meter di atas permukaan laut), sempat mencapai Kota Manado dan Kabupaten Minahasa. Keduanya, berjarak 30 kilometer dari Tomohon dimana gunung itu berada.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com