Gunung Lokon Ancam Kota Tomohon

Kompas.com - 11/07/2011, 16:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MANADO, KOMPAS.com — Gunung Lokon di kota Tomohon terus mengeluarkan semburan sejak Senin (11/7/2011) dini hari. Semburan itu membuat sebagian kota Tomohon terancam dan kini diselimuti debu. Status Gunung Lokon pun telah dinaikkan menjadi "Awas". "Jika kondisi berbahaya, masyarakat akan dievakuasi," kata pengamat Gunung Lokon, Farid Ruskanda, Senin pagi.

Farid mengungkapkan, semburan abu vulkanik mulai terjadi sejak pukul 03.15 dan 06.00. "Di perut gunung pun masih terjadi aktivitas yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan, terhitung mulai 10 Juli 2011 pukul 22.00 Wita, status Gunung Lokon dinaikkan statusnya dari status "Siaga" (level III) menjadi "Awas" (level IV-level tertinggi). "Masyarakat diminta untuk terus waspada dan dimungkinkan untuk evakuasi jika kondisi berbahaya," kata Farid.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X