Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,3 SR, Peringatan Tsunami Dicabut

Kompas.com - 10/07/2011, 11:47 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang Minggu (10/7/2011) mencabut peringatan tsunami setelah hanya gelombang kecil menghantam pantai Pasifik utara beberapa jam setelah gempa kuat mengguncang kawasan yang rusak akibat gempa dan tsunami pada Maret lalu.

Badan Meteorologi Jepang mencabut peringatan itu pada pukul 11:45 waktu setempat untuk prefektur-prefektur Iwate, Miyagi, dan Fukushima menyusul gempa besar yang terjadi di lepas pantai pulau utama Honshu pada pukul 09:57 waktu setempat.

Badan ini meningkatkan peringkat kekuatan gempa menjadi 7,3 Skala Richter dari 7.1 SR pada catatan awal, sementara itu Survei Geologi AS merevisi turun menjadi 7,0 SR.

"Perubahan-perubahan permukaan laut dapat terjadi. Tolong berhati-hati saat melakukan kegiatan seperti berenang, memancing dan penyelaman," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

USGS mengatakan, gempa itu menghantam pada kedalaman 34,9 kilometer (21,7 mil) sekitar 212 timur pusat perdagangan wilayah Sendai, Miyagi. Tidak ada kerusakan telah dilaporkan dari tsunami maupun gempa.

"Kota pelabuhan Soma, di prefektur Miyagi sempat melihat 1-10 centimeter (empat inci) gelombang tsunami pada pukul 11:11 waktu setempat," kata lembaga Jepang.

"Pelabuhan Ofunato, di prefektur Iwate, yang melihat perubahan pasang surut moderat sebelumnya, juga mengamati tsunami sekitar 10-sentimeter," katanya.

"Seorang penasehat tsunami mengeluarkan peringatan untuk pantai utara Pasifik Jepang setelah gempa kuat melanda kawasan yang rusak berat akibat gempa bumi dan tsunami Maret lalu," kata Badan Meteorologi Jepang, Minggu (10/7/2011).

Badan ini mengeluarkan penasihat untuk Iwate, Miyagi, dan Fukushima prefektur, setelah gempa 7,1 SR terjadi di lepas pulau utama Honshu pada jam 09:57 waktu setempat.

Badan Geologi AS, yang juga memperkirakan besar gempa 7.1 SR, mengatakan bahwa gempa lepas pantai itu persis menghantam pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil) di daerah yang sama dengan gempa 9,0 SR, yang terjadi 11 Maret lalu dan memicu tsunami besar-besaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com