Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Persen Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Kompas.com - 08/07/2011, 14:29 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com - Sepuluh persen penyebab kecelakaan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi diakibatkan karena kondisi jalan rusak dan berlubang.

Direktur Lalu-lintas Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan, dalam kurun waktu Januari-Mei 2011 terjadi 3.288 kasus kecelakaan, maka yang disebabkan kerusakan jalan berjumlah sekitar 329 kasus.

"Kecelakaan itu ada beberapa sebab, yakni karena manusia, karena jalan, karena kendaraan, dan karena cuaca, dan bisa penerangan jalan, tapi sekitar 10 persen kecelakaan jalan akibat kerusakan jalan," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/7/2011).

Selain itu, lanjut Royke, bukan saja kondisi jalan yang rusak sebagai penyebab kecelakaan tetapi kondisi jalan yang tidak mendukung para pengguna kendaraan juga menjadi faktor penyebab kecelakaan. "Kondisi jalan itu sendiri tidak mendukung terhadap keselamatan lalu-lintas, misalnya karena jalan tanpa lampu, jalan yang dengan tikungan tajam, pagar pengaman, dan geometris jalan tidak mendukung. Umumnya terdapat di daerah pnggiran Jakarta," pungkasnya.

Berdasarkan data yang dicatat Direktorat Lalu-intas Polda Metro Jaya, jumlah kecelakaan lalu-lintas mencapai angka tertinggi pada tahun 2010, yaitu sebanyak 8.235 kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 1.048 jiwa. Pada tahun 2011 terhitung hingga bulan Mei mengalami jumlah penurunan angka kecelakaan pada mencapai 3.288 dengan korban meninggal dunia sebanyak 487 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com