Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

46 Desa di Kendal Terancam Kekeringan

Kompas.com - 05/07/2011, 17:43 WIB

KENDAL KOMPAS.com - Sekitar 46 desa dari 285 desa/kelurahan yang tersebar di 20 kecamatan Kabupaten Kendal Jawa Tengah, rawan kekeringan. Tujuh belas desa di antaranya rawan kekurangan air sementara 29 desa lainnya terancam mengalami kekeringan lahan pertanian.

Sekda Kendal Bambang Dwiyono didampingi Plt Kepala Badan Kesbangpolinmas Kendal Subarso mengaku belum menerima laporan adanya daerah yang mengalami kekeringan hingga saat ini.

Namun demikian, ujar Bambang, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi jika terjadi kekeringan. Antara lain menyiapkan tangki air. Menurutnya, di Kendal sendiri sudah banyak sumur dalam, sehingga dirasa Kendal masih dalam kategori aman.

"Kami juga mendapatkan tambahan bantuan dua buah truk tangki dari pemerintah pusat. Biasanya yang sering kekeringan daerah atas," kata Bambang, Selasa (5/7/2011).

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kendal Sri Purwanti mengatakan, di Kendal terdapat 29 desa yang lahan pertaniannya rawan kekeringan. "Kami mengimbau agar para petani yang lahan pertaniannya rawan, agar menanaminya dengan tanaman yang usia panennya pendek dan tidak membutuhkan banyak air," katanya.

Sri Purwanti memberi contoh tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan usia panen yang pendek yaitu jagung dan kacang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com