Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Barang Bukti, Penyu Langka Terancam Mati

Kompas.com - 24/06/2011, 16:10 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Puluhan penyu langka jenis sisik dan biru yang merupakan barang bukti pencurian hewan langka dan tengah ditangkarkan petugas di kolam ikan milik warga di Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terancam mati.

Sejak sepekan terakhir, sudah enam ekor penyu sisik dan biru yang mati di dalam penangkaran. Kematian penyu bernilai ratusan juta rupiah ini diduga akibat ukuran kolam yang sempit dan iklim di dalam kolam yang tidak bersahabat bagi penyu.

Selain itu, sejumlah penyu cantik ini juga terluka saat ditangkap para nelayan di Teluk Mandar, pekan lalu. Sementara 19 nelayan yang menjadi tersangka karena tertangkap tangan mencuri penyu tersebut kini masih dalam penyidikan petugas.

Petugas kepolisian yang menyita penyu karena alasan kepentingan penyidikan. Pekan ini, pemda dan pihak kepolisian setempat rencananya akan melepas penyu-penyu ini ke habitatnya.

Suprapto, pengawas kelautan Dinas Perikanan Polewali Mandar, Jumat (24/6/2011), menyatakan, banyaknya penyu langka yang mati di tempat penangkaran akibat terluka. "Kan sebagian memang sudah luka terkena tombak, mungkin itulah penyebab kematiannya," ujar Suprapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com