Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Kulon Progo Gelar Pilkada

Kompas.com - 19/06/2011, 10:25 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com — Hari ini, Minggu (19/6/2011), Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada). Pilkada kali ini dilaksanakan serentak di 937 tempat pemungutan suara (TPS), dua di antaranya TPS khusus, di rutan dan rumah sakit.

Pilkada Kulon Progo diikuti empat pasang calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut 1 Sarwidi-Hartikah (Sartika) yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada nomor urut 2, pasangan Mulyono-Ahmad Sumiyanto (Noto), diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Sedangkan pada nomor urut 3, pasangan Suprapta-So'im (Prakoso) yang diusung Partai Golkar, Gerindra, PDK, PKPB, dan PKNU. Terakhir nomor urut 4 pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo (Sehat) yang diusung koalisi PDIP, PAN, dan PPP.

Sebelum menuju pilkada, empat pasangan calon ini telah menggelar kampanye. Termasuk penyampaian visi dan misi di hadapan DPRD, hingga debat kandidat calon.

"Hari ini kita gelar pilkada serentak dan kebutuhan logistik sudah terdistribusi kemarin," jelas Ketua KPUD Siti Ghoniyatun.

Kendati diikuti delapan calon, hanya lima orang yang memiliki hak pilihnya. Tiga orang di antaranya tidak memiliki hak pilih karena tinggal di luar Kulon Progo. Sarwidi mencoblos di TPS 14 Ponces, Purwosari, Kecamatan Girimulyo. Mulyono di TPS 16 Kedungpring Giripeni Wates. Suprapta, di TPS 6 Sambeng, Hargotrito Kokap, Soim di TPS 3 Kaligintung, Temon dan Sutedjo di TPS 1 Temanggal, Wijimulyo Nanggulan.

Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya. Siapa pun pasangan yang menang harus bisa mengakomodir kepentingan masyarakat. Karena kemenangan itu adalah kemenangan bersama.

"Semoga bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik," tegasnya. Bupati sendiri menggunakan TPS 2 Terbah, Wates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com