Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papan Toko Kawasan Malioboro Ditertibkan

Kompas.com - 19/06/2011, 07:51 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Papan nama toko di kawasan Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta akan ditertibkan dengan peraturan wali kota, sehingga nanti ukurannya sama dan tidak lagi terkesan menutupi sebagian wajah kota.

"Begitu Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah disahkan DPRD Kota Yogyakarta, akan segera dibuatkan peraturan wali kota untuk mengatur sekaligus menertibkan ukuran papan nama toko di sepanjang Jalan Malioboro dan kawasan sekitarnya," kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto di Yogyakarta, Minggu (19/6/2011).

Ia menargetkan peraturan wali kota tersebut sudah dapat disahkan sebelum memasuki bulan puasa atau awal Agustus 2011.

Menurut Herry, ukuran papan nama toko tidak boleh menutupi fasad bangunan di sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Ahmad Yani, karena banyak bangunan di kawasan tersebut yang memiliki keunikan arsitektur.

Berdasarkan peraturan baru tentang pajak, papan nama suatu tempat usaha tidak diperbolehkan dipungut pajak, namun Kota Yogyakarta menerapkan kebijakan lokal mengenai hal itu.

"Salah satunya di kawasan Malioboro. Jika tidak ingin dikenai pajak, maka ukuran papan nama toko atau tempat usaha harus menyesuaikan dengan peraturan yang ada," katanya.

Sebaliknya, kata wali kota, pemerintah akan memungut pajak apabila ukuran papan nama toko lebih besar dari ukuran yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pembinaan dan Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Widyastuti mengatakan dari sekitar 50 bangunan tua di kawasan Jalan Malioboro, hanya ada 10 bangunan dengan fasad yang terbebas dari papan nama toko maupun papan iklan.

Sejumlah bangunan yang masih memperlihatkan fasad asli di antaranya adalah bangunan Apotek Kimia Farma, yaitu bangunan pertama di ujung utara Jalan Malioboro yang kini menjadi gudang, dan bangunan Jogja Library Centre.

"Padahal, jika ukuran baliho nama toko disesuaikan dengan fasad bangunan, justru akan terlihat lebih cantik dan menarik," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com