Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Lokal Kembali Bergairah

Kompas.com - 17/06/2011, 22:03 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Harga sapi potong di Pasar Hewan Siyono, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, beranjak naik sejak sepekan lalu, terutama untuk sapi-sapi varietas unggul seperti metal dan brahman.

Harga sapi varietas indukan lokal pada sepekan lalu masih dalam kisaran Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per ekor, kini sudah naik menjadi Rp 4,5 juta hingga Rp 5,5 juta per ekor.

"Khusus untuk sapi potong, tingkat kenaikannya cukup tinggi. Harga pekan lalu untuk verietas metal Rp 7 juta, kini naik menjadi Rp 8 juta," kata Hardjo Suwito (56), pedagang sapi di Pasar Siyono, Rabu (17/6/2011).

Namun, para peternak masih berharap cemas jika harga akan kembali berubah. "Mudah-mudahan kondisi seperti ini bisa bertahan, mengingat sudah cukup lama peternak dihadapkan keterpurukan harga ternak," katanya.

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Dinas Peternakan Gunung Kidul, Suyanto mengatakan, dampak ancaman penghentian ekspor dari Australia justru cukup positif bagi peternak sapi lokal.

"Kita berharap, mudah-mudahan stabilitas harga ternak, khususnya sapi, bisa terjaga hingga peternak tidak lagi dipermainkan harga pasar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com