Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Mengaji Juga Disertifikasi

Kompas.com - 17/06/2011, 17:41 WIB

MALANG,KOMPAs.com - Untuk terus meningkatkan kualitas guru mengaji di berbagai musala, masjid, dan lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan, Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mengambil langkah baru. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Malang, akan melakukan sertifikasi guru mengaji yang ada di wilayahnya.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan sertifikasi guru ngaji di Kota Malang," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabagkesra) Pemkot Malang, Edy Sulistyo kepada wartawan, di Kota Malang, Kamis (16/6/2011).

Dilakukan sertifikasi bagi guru ngaji katanya, agar kompetensi guru gaji betul-betul ahli di bidangnya. yakni soal ilmu kegamaan. "Sehingga pengajaran soal keagamaan di tempat-tempat ibadah atau lembaga pendidikan yang ditempati, menjadi lebih baik dan berkualitas," katanya.

Pemerintah Kota Malang jelas Edy, berharap kompetensi guru mengaji dan sejenisnya, bisa meningkatkan kompetensinya. Sehingga pengajaran agama di tempat-tempat ibadah menjadi lebih baik.

"Agar tak ada yang salah dalam memberi pengajaran kepada anak didiknya. Saat ini proses sertifikasi guru ngaji itu masih digodok," akunya.

Kalau guru mengaji betul-betul ahli di bidangnya, jelas Edy, tak akan ada yang namanya anak didik terpengaruh dengan ajakan ajaran Islam yang salah. "Tak salah menafsiri jihad dalam Islam, tak akan ada korban cuci otak," terangnya.

Selain akan segera dilakukan sertifikasi bagi bagi guru ngaji, bagian Kersra Pemkot Malang juga akan menunjang kesejahteraan para guru mengaji. "Kualitasnya dijamin, kesejahteraannya juga harus dijamin. Jangan hanya dituntut kualitasnya tapi tak ada jaminan kesejahteraan," tegasnya.

Bagian Kesejateraan aku Edy, sudah siap mengajukan anggaran kenaikan insentif untuk guru mengaji. "Saat ini, insentif guru ngaji dan juga mudin atau pengurus mayat di tingkat RT itu, masih sebesar Rp 37.500 perbulannya. Itu masih dipotong pajak 5 persen. Insentif itu diserahkan setiap 6 bulan sekali," katanya.

Adapun pencairan insentif guru ngaji untuk tahun 2011, tahap ke-2, diperkirakan akan turun saat menjelang Ramadhan. "Sedangkan pengajuan untuk insentif tahun 2012, Bagian Kesra masih akan menyerahkan pengajuannya ke dewan, pada Oktober sampai November 2011 nanti," akunya.

Saat ini yang paling diutamakan tambahnya, kualitas guru mengaji harus terus dipaju untuk lebih baik. "Agar terjaring, harus ada sertifikasi guru ngaji itu. Semoga langkah kami ini menjadi solusi terbaik bagi guru ngaji," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com