Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Semarang-Ungaran Selesai

Kompas.com - 16/06/2011, 02:59 WIB

Ungaran, Kompas - Pengelola Jalan Tol Semarang-Solo, PT Trans Marga Jawa Tengah, mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan segera melakukan uji kelayakan jalan tol di ruas Semarang-Ungaran. Hal ini karena proyek jalan tol sepanjang 14,1 kilometer yang menghubungkan Banyumanik, Kota Semarang, dengan Ungaran, Kabupaten Semarang, tersebut telah selesai.

Pertengahan Juni ini PT Trans Marga Jateng selesai membenahi ruas tol STA 5+500 hingga STA 5-700 sepanjang 800 meter yang sebelumnya ambles dan retak. Jika hasil pengujian nanti dinyatakan layak, uji coba penggunaan tol itu saat arus mudik Lebaran pertengahan Agustus dapat dilakukan.

”Secara umum, ruas Tol Semarang-Solo itu sudah siap untuk uji coba. Sudah tersedia gerbang pintu tol di Kramas, Banyumanik, Semarang, dan pintu keluar tol di Ungaran. Rambu petunjuk ke arah tol juga sudah terpasang,” kata Komisaris Utama PT Trans Marga Jateng Danang Atmodjo, Rabu (15/6).

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pembenahan ruas tol di Gedawang sudah selesai. Namun, sejumlah pekerja masih membenahi saluran air di bagian bawah tol di ruas Gedawang. Bagian itu terdapat sumber mata air yang selalu memancarkan air sehingga dibuatkan saluran agar air tidak mengganggu kestabilan badan tol di bagian atasnya.

Wartono, salah seorang pekerja, mengemukakan, saluran air tersebut dibenahi karena mata air di bawah tol itu masih aktif. Pembuatan saluran air itu diarahkan ke saluran yang menuju sungai di sekitar tol bagian bawah. (who)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com