Ketika Reptil Berkeliaran di Mal...

Kompas.com - 12/06/2011, 14:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan binatang reptil, seperti ular, kura-kura, iguana, dan kadal, Minggu (12/6/2011) siang, berkeliaran di Galeria Mall, Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta.

Kura-kura jenis sulcata terlihat berjalan-jalan di antara kerumunan pengunjung mal. Ada yang tertarik dan langsung memegang, ada pula yang sedikit takut dan menghindar.

Adapun puluhan ular berbagai jenis telihat dipegang pemiliknya. Namun, ada beberapa yang dipegang anak-anak kecil yang sedang berkunjung. Suasana tersebut merupakan bagian dari Pameran Reptil di Galeria Mall Yogyakarta yang diselenggarakan para pencinta Reptil Yogya "OPHIO ".

Kegiatan pameran ini dibagi pada dua tempat, yakni di lantai dasar dan di depan pintu mal.  Begitu masuk ke dalam mal, para pengunjung disuguhi ular phyton, iguana, dan kura-kura.

Sementara itu, di lantai dasar, sejumlah kura-kura langka, seperti jenis sulcata dan rediata, dibiarkan berjalan di sepanjang lorong mal dan didampingi pemiliknya. Tak heran, banyak anak kecil yang sedang ikut orangtuanya di mal langsung tertarik dan mendekati kura-kura tersebut.

Bahkan, tanpa rasa takut, mereka ikut memegang berbagai jenis ular yang dibawa anggota OPHIO. "Ternyata ular banyak yang tidak berbahaya. Asyik pegang-pegang ular. Baru pertama kali ini saya pegang ular. Semula agak takut, tetapi setelah memegang mengasyikkan," ujar Ria, salah satu pengunjung.

Sementara itu, salah satu anggota OPHIO, Dana, mengatakan, pameran ini sengaja digelar di mal yang banyak dikunjungi masyarakat agar warga mengerti bahwa ular banyak yang tidak berbahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada 50  hewan reptil berbagai jenis yang dipamerkan. "Pasalnya, selama ini warga beranggapan ular berbahaya sehingga ketika bertemu ular, masyarakat membunuhnya. Nah, dengan pameran ini kami mengimbau  masyarakat agar tidak membunuh ular sehingga tidak punah," ungkap Dana.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.