Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tempur Hawk TNI AU, Tergelincir

Kompas.com - 08/06/2011, 18:05 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Satu unit pesawat tempur TNI AU jenis Hawk milik Skuadron Udara 12 Lanud Pekanbaru tergelincir hingga ke luar landasan pacu Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Rabu (8/6/2011).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, tergelincirnya pesawat tempur itu terjadi sekitar pukul 14.25 WIB saat pesawat itu melakukan pendaratan usai melakukan latihan rutin yang digelar bersama satu unit pesawat tempur.

Pesawat tempur yang mengalami insiden itu mendarat secara beriringan setelah sebelumnya pesawat jenis yang sama mendarat mulus.

Bagian roda belakang pesawat sempat mengeluarkan asap, sebelum kemudian tergelincir dua hingga tiga meter keluar dari landasan pacu.

Meski dilaporkan, tidak ada korban jiwa dari insiden yang dialami pesawat tempur itu, namun aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II dihentikan sementara dengan alasan keselamatan.

Sekitar pukul 15.30 WIB, pesawat tempur itu selesai dievakuasi dari landasan pacu dengan menggunakan berbagai peralatan milik Lanud Pekanbaru dan bandara.

Skuadron Udara 12 Lanud Pekanbaru sendiri secara rutin menggelar latihan dan patroli rutin melakukan pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia khususnya di kawasan perairan Selat Malaka menggunakan pesawat tempur jenis Hawk 100 dan Hawk 200.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com