Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Pagi, Prasasti Soekarno Dipasang

Kompas.com - 05/06/2011, 20:52 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Prasasti Soekarno rencananya akan dipasang di depan gang Jalan Pandean IV Surabaya, Senin besok, tepat pada tanggal kelahiran Proklamator itu, 6 Juni, pukul 06.00 atau saat fajar mulai menampakkan diri.

'Menurut catatan sejarah, Soekarno dilahirkan tepat saat fajar mulai nampak pada 6 Juni 1901. Karena itulah beliau dinamakan Sang Putra Fajar,' kata Ketua Soekarno Institut, Peter A Rohi, di Surabaya, Minggu (5/6/2011).

Menurut dia, selubung prasasti akan dibuka oleh Prof Ir Hariono Sigit, yang merupakan putra dari Utari atau istri pertama Soekarno, yang juga cucu HOS Cokroaminoto. Sementara peresmiannya dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Peter menyayangkan, pemasangan prasasti Obama di Jakarta dilakukan lebih dulu daripada prasasti pahlawan Proklamator sekelas Soekarno. 'Padahal Obama bukan warga negara Indonesia dan tidak memiliki kontribusi apapun kepada negara,' ujarnya.

Hari ini, ratusan massa pendukung Soekarno mengawal prasasti Soekarno dari Jalan Mawar ke Jalan Pandean IV Surabaya, tempat dilahirkannya Soekarno. Kajian Soekarno Institut menemukan fakta bahwa Presiden pertama RI itu dilahirkan di Surabaya pada 6 Juni 1901 silam, bukan di Blitar seperti yang dipahami masyarakat selama ini.

'Pemerintah Orde Baru sengaja mengaburkan informasi itu, agar warga Surabaya tidak memiliki ikatan emosional dengan Bung Karno,' kata Peter.

Referensi Soekarno dilahirkan banyak ditemukan pada buku-buku sejarah dan sumber-sumber sebelum 1965, seperti ensiklopedia 1965, buku Biografi Bung Karno oleh Cindy Adams, sejarawan Amerika 1965, dan arsip nasional sebelum 1965.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com