Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Lumpur Demo, Akses Jalan Lumpuh

Kompas.com - 26/05/2011, 11:37 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com — Ratusan warga korban lumpur Sidoarjo, Kamis (26/5/2011) pagi, menggelar aksi memperingati lima tahun bencana lumpur Lapindo. Mereka menutup kedua akses Jalan Raya Porong sehingga menyebabkan kelumpuhan lalu lintas hingga puluhan kilometer.

Mereka yang berasal dari 45 RT di empat desa, yakni Besuki, Kecamatan Jabon; Desa Mindi, Pamotan, Kecamatan Porong; dan Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, menutup akses satu-satunya yang menghubungkan Surabaya-Malang itu sejak pukul 09.00 WIB.

Kendaraan yang telanjur masuk di Jalan Raya Porong pun terpaksa berhenti dan terjebak dalam kerumunan massa. Warga korban lumpur itu menuntut pemerintahan segera memasukkan permukiman mereka ke peta terdampak dan memperoleh ganti rugi dari APBN.

Koordinator aksi Jazimin mengatakan, warga sudah berkali-kali menempuh upaya dialog dan menahan diri untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa yang merugikan lebih banyak orang. Namun, sepertinya, menurut Jazimin, pemerintah tidak mengakomodasi kepentingan warga, padahal perpres akan segera disahkan pertengahan tahun ini.

"Jika pemerintah tetap tidak mendengarkan kami, kami akan tetap memblokade Jalan Raya Porong hingga enam hari ke depan," ancamnya.

Aksi yang dikawal ratusan polisi itu membuat akses lalu lintas dua arah dari Surabaya menuju Malang macet total. Polisi pun menganjurkan pengguna jalan melewati jalan alternatif, seperti melewati Tanggulangin, Mojokerto, dan Kalitengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com