Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

J-Power Menang Tender PLTU Jateng

Kompas.com - 25/05/2011, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses tender Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 x 1.000 megawatt Jawa Tengah dengan nilai proyek 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30 triliun telah rampung. Dalam tender itu, J-Power (Jepang) yang berkonsorsium dengan Itochu (Jepang) dan Adaro (Indonesia) ditetapkan sebagai yang memenuhi syarat dan dengan penawaran harga yang sangat baik, yakni 5,79 dollar AS per kWh.

"Dengan demikian, penetapan J-Power sebagai pemenang lelang tinggal menunggu pemeriksaan terhadap angka-angka di dalam harga tersebut serta selesainya masa sanggahan dari peserta lain," kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan, Rabu (25/5/2011) di Jakarta.

Tender yang awalnya diikuti belasan perusahaan internasional ini akhirnya hanya menyisakan tujuh perusahaan yang memenuhi syarat, yakni tiga perusahaan Jepang, tiga perusahaan China, dan satu perusahaan Korea Selatan. Namun, saat penutupan tender, 29 April 2011, hanya empat perusahaan yang memasukkan penawaran, yakni Yudian dan Shenhua (China), serta Marubeni dan J-Power (Jepang).

Dahlan menjelaskan, tender tersebut merupakan proyek Public Private Partnership (PPP) pertama Indonesia yang dilelangkan. Pemerintah mendorong diadakannya proyek-proyek PPP, tetapi sejauh ini masih banyak hambatan. Dengan berhasilnya lelang PLTU Jateng 2 x 1.000 MW ini, diharapkan proyek-proyek PPP lainnya seperti Bandara, jalan tol, dan jalan kereta bandara bisa mengikuti sukses PLN ini.

"Dari sisi PLN, proyek ini merupakan unit terbesar PLTU di Indonesia. Selama ini Indonesia belum punya unit PLTU yang ukurannya satu unit sampai 1.000 megawatt. Selama ini, yang terbesar adalah 660 MW, seperti yang ada di Tanjung Jati dan Paiton," tutur Dahlan.

Secara teknologi, proyek ini menggunakan ultrasuper kritikal. Di Jepang dan Tiongkok sudah agak lama diterapkan teknologi yang sangat efisien dan ramah lingkungan ini, sedangkan untuk Indonesia baru kali ini diadakan.

Di lain pihak, proyek ini juga memberi pengalaman kepada staf pengadaan di PLN, baik dalam menangani proses tender internasional maupun dalam melakukan seleksi teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com