Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampoeng Soerobjo-an di HUT Surabaya

Kompas.com - 23/05/2011, 23:39 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — "Kampoeng Soerobojo-an" memeriahkan Hari Jadi Ke-718 Kota Pahlawan pada tahun ini karena konsep kampung itu akan memberikan apresiasi khusus bagi industri pariwisata di wilayah ini.

"Kami akan mengemas kampung tersebut dalam bentuk kegiatan outdoor yang menampilkan festival jajanan khas Surabaya, Ludruk Gaul, Musisi Cinta Surabaya, dan Talk-Tainment ’Sparkling Smart Surabaya’," kata Managing Director SmartFM Surabaya Ferry Iriawan, Senin (23/5/2011).

Kegiatan tersebut juga mencakup malam pengukuhan Surabaya sebagai kota "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (MICE).

Selain itu, Ludruk Gaul akan menampilkan tema terkini yang menjadi ikon Surabaya, seperti "Green Clean" dan "Safety Riding".

"Pelaksanaan kegiatan itu menunjukkan komitmen kuat kami dalam mengangkat budaya dan kearifan lokal sebagai bentuk kontribusi bagi masyarakat," ujarnya.

Terkait lahirnya pemikiran "Sparkling Smart Surabaya" sebagai tema Talk-Tainment, ia mengatakan bahwa ide tersebut muncul dipicu kehadiran stasiun radio SmartFM di kota itu per Februari 2011.

"Upaya itu sekaligus ingin menerjemahkan semangat Kota Pahlawan dengan warna-warni keunikan komunitas melalui beragam program siaran," katanya.

Dalam rangka Hari Jadi Ke-718 Surabaya, ia mengaku perusahaannya akan menghadirkan empat edisi program dengan topik "All About Surabaya" seperti "Herritage Surabaya" dan "Surabaya Food Hunting". "Bahkan, ada pula ’Melody of Surabaya’," katanya.

Khusus edisi 25 Mei mendatang, kata dia, upaya tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Jadi Ke-15 SmartFM Network Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan menghadirkan Wali Kota Surabaya sebagai narasumber. "Lalu, kami juga mengundang Kadin Surabaya, dan pemerhati Kota Pahlawan," katanya.

Jadwal pelaksanaan serangkaian agenda menjelang Hari Jadi Ke-718 Surabaya tersebut, menurut Operational Manager d’Season Surabaya Dian Wijaya, akan dimulai pada hari Rabu (25/5/2011) pukul 16.00 WIB di area parkir hotelnya di Jalan Tenggilis Utara Nomor 14, Surabaya.

"Acara ’Talk Show Sparkling Smart Surabaya’ akan mengambil tempat di Pawon Resto Hotel antara pukul 19.30 dan 22.00," katanya.

Surabaya saat ini memiliki 169 bangunan cagar budaya yang merupakan warisan yang harus dilindungi. Surabaya juga dikenal sebagai "surga wisata kuliner" dengan rujak cingur, lontong balap, sate kelapa, semanggi, kupang lontong, dan jongkong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com