Gerakan Gusdurian Surabaya Dideklarasikan

Kompas.com - 17/05/2011, 15:01 WIB
EditorAsep Candra

SURABAYA, KOMPAS.com — Sejumlah kelompok masyarakat di Surabaya mendeklarasikan diri akan mengawal sebuah gerakan bernama Gerdu Suroboyo (Gerakan Gusdurian Surabaya), Selasa (17/5/2011).

Mereka yang terdiri dari empat elemen, yakni Gerdu Mahasiswa, Gerdu Pemuda, Gerdu Lansia, dan Gerdu Kampung, ini bertekad melestarikan dan menyebarluaskan nilai-nilai ajaran Gus Dur dalam konteks pribadi, perjuangan, dan pengembangan masyarakat.

Menurut Koordinator Gerdu Mahasiswa Muhammad Iqbal, selain mendalami wacana ajaran almarhum Gus Dur atau Abdurrahman Wahid, keempat kelompok ini juga bergerak dalam kerangka aksi sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

"Gerakan ini murni untuk mengonsolidasikan pemikiran Gus Dur dalam rangka pengembangan bangsa, tidak untuk mengonsolidasikan kekuatan politik dari partai mana pun," katanya.

Putri almarhum Gus Dur, Alissa Wahid, yang datang saat deklarasi mengatakan, Gerakan Gusdurian searah dengan misinya selaku bagian dari anggota keluarga besar Ciganjur dalam merawat ajaran, teladan, prinsip hidup, dan cara pandang Gus Dur bersama-sama masyarakat.

Di daerah lain, menurut dia, juga banyak komunitas masyarakat dengan berbagai nama yang semisi dengan Gerakan Gusdurian ini. Selain memperkuat wacana, mereka juga mengaplikasikannya dalam bentuk aksi seperti penghijauan, pelatihan, dan sosial kesehatan.

"Tetapi untuk komunitas pelajar, harus ditekankan wacana dan pengenalan sosok Gus Dur karena mereka tidak mengikuti secara langsung sepak terjang Gus Dur," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam deklarasinya, Gerakan Gusdurian Surabaya bertekad memelihara dan menyebarluaskan nilai-nilai perjuangan Gus Dur, memperkuat agen-agen pemberdayaan masyarakat, mengembangkan jejaring dengan kelompok strategis di masyarakat. Selain itu, mengembangkan tradisi dialog dengan berbagai kelompok masyarakat untuk saling memahami dan menemukan titik kesamaan, serta mengembangkan upaya-upaya ke arah kesejahteraan masyarakat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X