Selesai UN, Siap-siap Kuliah...

Kompas.com - 16/05/2011, 17:34 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Raut bahagia tampak di wajah seorang gadis mungil yang merupakan siswi SMA Negeri 6 Jakarta. Sky Sucahyo, siswi kelas XII IPS SMAN 6 Jakarta, merasa sangat senang dengan kelulusan dirinya dan teman-temannya.

"Senang banget karena aku dan semua temen-temen lulus. Rasanya campur aduk juga sih. Senang karena lulus, tetapi sedih juga karena mesti ninggalin SMA," tutur Sky kepada Kompas.com, Senin (16/5/2011).

Siswi yang selama sekolah aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pemandu sorak atau cheerleaders ini berencana melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta. Ia ingin mengambil Jurusan Musik.

Berbeda dengan temannya yang juga murid kelas XII IPS, Christian Valentino lebih memilih untuk meneruskan ke sekolah tinggi.

"Aku, sih, maunya masuk sekolah tinggi. Yang pasti, sih, ke STAN atau Akademi Polisi," kata Christian yang selama ini aktif di kegiatan futsal di sekolah.

Menurut seorang guru SMAN 6, Rosianto, anak-anak didiknya memang memiliki banyak pilihan untuk meneruskan pendidikan selanjutnya. Namun, sebagian besar dari siswa-siswinya itu memilih menempa pendidikan selanjutnya di Universitas Indonesia (UI) atau Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk perguruan tinggi negeri. Sementara untuk perguruan swasta, kebanyakan siswa SMAN 6 memilih Universitas Trisakti.

Ditemui secara terpisah, seorang murid kelas XII IPA SMA Gonzaga, Vicky, merasakan hal yang sama dengan Sky dan Christian. Ia juga salah seorang siswa yang lulus dari sekolahnya tahun ini.

"Ya, pasti senanglah. Tahun lalu, sih, ada yang ngulang. Sekarang angkatanku lulus 100 persen," ujar Vicky yang sedang mengamati foto-foto kenangan angkatannya di lorong sekolahnya.

Bagi Vicky, masa tiga tahun di Gonzaga sangat membekas dalam ingatannya. Selepas masa pendidikan di SMA, ia berencana masuk UI untuk Jurusan Teknik Sipil atau Psikologi.

"Sekarang sedang persiapan SNMPTN biar bisa masuk UI," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.