Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lulus UN, Para Siswa Pingsan

Kompas.com - 16/05/2011, 16:24 WIB

MAJENE, KOMPAS.com — Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) di Majene, Sulawesi Barat, Senin (16/5/2011), diwarnai kekacauan. Pasalnya, sebagian besar siswa yang dinyatakan tidak lulus histeris ataupun jatuh pingsan.

Puluhan siswa terlihat menangis dan tidak menerima kenyataan bahwa mereka tidak lulus UN. Banyaknya siswa yang berjatuhan membuat para guru dan siswa lain kerepotan. Pemandangan itu terlihat pada pengumuman hasil UN di SMK Negeri 2 Majene.

Bahkan, sejumlah siswa yang dikenal berprestasi di kelas pun ada yang dinyatakan tidak lulus ujian. Riswan, salah seorang yang tidak beruntung, mengaku heran karena soal ujian dinilai relatif mudah untuk dijawab.

Riswan sebelumnya meyakini hasil ujiannya bakal memuaskan. Sebab, ia telah memeriksa bahwa jawaban yang ditulisnya dalam lembar jawaban 90 persen benar.  Namun, siapa sangka kalau dalam pengumuman hari ini namanya justru terdaftar sebagai peserta ujian yang tidak lulus.

Di sisi lain, bagi mereka yang dinyatakan lulus, kegembiraan pun mereka luapkan dengan aksi saling coret baju. Dari 806 peserta UN untuk tingkat SMK se-Kabupaten Majene, 35 siswa di antaranya diyatakan tidak lulus dan harus mengulang tahun depan, atau mengikuti program paket C.

Di SMK Negeri 1 Majene tercatat sebagai sekolah yang siswanya paling banyak tidak lulus. Dari 63 siswa peserta ujian, 23 siswa di antaranya tidak lulus. Sementara di SMK Negeri 2, dari 379 peserta, 12 siswa tidak lulus. Tahun lalu SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 juga mencatat jumlah siswa terbanyak yang tidak lulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com