Guru di Surabaya Wajib Dampingi Konvoi

Kompas.com - 16/05/2011, 12:01 WIB
EditorLatief

SURABAYA, KOMPAS.com - Polrestabes Surabaya mewajibkan perwakilan guru untuk mengawal siswa-siswinya yang melakukan konvoi merayakan kelulusan tingkat SMU/SMK di Surabaya, Senin (16/5/2011).

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Suparti, Senin (16/5/2011), mengatakan bahwa pelaksanaan konvoi kelulusan pelajar tahun ini memang dipantau ketat agar berjalan aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Selain didampingi guru, peraturan yang harus dipatuhi peserta konvoi antara lain, sekolah sebelumnya harus mengajukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian, serta mematuhi tata tertib lalu lintas seperti, pengendara memiliki SIM, menggunakan helm, tidak boleh berboncengan tiga, dan dilarang berhenti di tengah jalan.

'Jika ketentuan ini dilanggar, maka peserta konvoi akan ditilang sesuai aturan,' katanya.

Selain itu, peserta konvoi juga harus melalui jalur-jalur yang sudah ditentukan. Konvoi para pelajar dilarang melintasi lima jalur utama Kota Surabaya, yakni Jl Raya Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat, Gubernur Suryo, dan Jl Panglima Sudirman. Dalam mengamankan konvoi lulusan SMU/SMK tahun ini, Polrestabes Surabaya menyiapkan pasukan pengamanan sebanyak 344 personil dilengkapi 26 unit mobil patroli.

'Konvoi dibatasi hingga pukul 16.00. Di luar jam itu akan diambil tindakan tegas,' ujarnya.

Hari ini tepat pukul 12.00 siang, Dinas pendidikan Kota Surabaya akan melakukan pengumuman kepada sekitar 34.068 siswa SMU/SMK se-Surabaya. Namun dari pantauan KOMPAS.com, sejak pukul 11.00 puluhan siswa sudah terlihat berkonvoi memenuhi beberapa sudut kota Surabaya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.