Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ardina Rasty Jadi TKW di Perbatasan

Kompas.com - 15/05/2011, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bintang film Ardina Rasty seolah ingin membuktikan bahwa ia bukanlah aktris yang cuma bisa main film dengan karakter yang itu-itu saja. Di film terbarunya, Batas, ia berhasil menghadirkan karakter sosok bernama Ubuh.

Ubuh adalah seorang perempuan muda yang menjadi korban dari penyaluran tenaga kerja wanita (TKW) di daerah perbatasan. Beban berat harus dirasakannya, Ubuh merupakan pribadi yang pendiam dan selalu memancing orang-orang di sekitarnya mempertanyakan dan memerhatikan dirinya. Suatu kali, Ubuh menangis kencang berderai air mata.

"Aku mendapatkan film yang cukup berat. Ini film kesepuluh dan menurut aku belum pernah dapat seberat ini," kata Ardina, Kamis (12/5/2011), seusai pemutaran perdana film Batas di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta. 

Sekitar sebulan sebelum shooting, Ardina mempelajari karakter TKW ilegal melalui cerita-cerita yang ada mengenai penganiayaan, termasuk memahami karakter itu dari sudut pandang si TKW sendiri. "Aku shooting tiga minggu. Alhamdulillah lancar. Persiapan sebulan sebelumnya. Aku ikutin juga masukan dan saran-saran dari Mas Rudi," ujar Ardina.

Mengenai casting, diakui Ardina, dirinya baru bertatap muka secara langsung dengan rumah produksi pada tahap ketiga. "Jadi, selama dua tahap casting, Mas Rudi hanya lihat aku dari foto. Tahap ketiga, baru kami ketemu dan diputuskan bahwa aku yang memerankan karakter Ubuh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com