Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.098 Siswa Tidak Lulus UN

Kompas.com - 14/05/2011, 05:21 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak 16.098 siswa di jenjang SMA/MA/SMK tidak lulus ujian nasional. Siswa yang tak lulus itu terdiri atas 11.443 siswa SMA/MA dan 4.655 siswa di SMK. Adapun peserta Ujian Nasional 2011 adalah 1.461.941 siswa SMA/MA dan 942.698 siswa SMK.

Mulai tahun ini, standar kelulusan siswa bukan ditentukan hanya dari hasil ujian nasional (UN), melainkan juga dari nilai sekolah dengan komposisi 60:40.

”Hasil UN sedang dikirim ke sekolah untuk dipakai sebagai bahan pertimbangan penentuan kelulusan siswa. Kelulusan siswa tetap ditentukan satuan pendidikan karena akan dilihat dengan nilai aspek-aspek lainnya,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (13/5).

Seluruhnya tidak lulus

Mendiknas mengatakan, provinsi dengan jumlah siswa tidak lulus terbanyak ada di Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, dari total 16.835 SMA sederajat yang mengikuti UN, masih ada lima sekolah yang seluruh siswanya tidak lulus. Jumlah siswa dari kelima sekolah tersebut 147 siswa.

Sekolah yang tingkat kelulusannya nol persen itu berada di wilayah DKI Jakarta (7 siswa), Simeuleu Aceh (26 siswa), Jambi (2 siswa), Kian Darat Maluku (48 siswa), dan Urei Fasei Papua (64 siswa).

Meski masih ada siswa yang tidak lulus, Nuh mengaku tingkat kelulusan pada tahun ini lebih baik (99,22 persen) dibandingkan tahun lalu, yakni 99,04 persen. Nuh mengingatkan siswa yang dinyatakan lulus UN masih ada kemungkinan tidak lulus sekolah karena penentu kelulusan tetap ada di tangan sekolah. Namun, siswa yang tidak lulus UN bisa dipastikan tidak akan lulus sekolah. Ini disebabkan ada salah satu nilai UN di bawah standar minimal, yakni 5,5. Jadi, meskipun penentuan kelulusan diserahkan kepada sekolah, siswa yang tidak lulus UN pun akan tetap tidak lulus sekolah.

Dari hasil perolehan nilai UN, terlihat juga banyak siswa yang masih memperoleh nilai 4, yakni sebanyak 57,58 persen.

Tidak ikut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com