PT KAI Akan Luncurkan Kereta Batik

Kompas.com - 13/05/2011, 11:54 WIB
EditorHeru Margianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta akan meluncurkan kereta api batik yaitu rangkain gerbong kereta yang ditempeli stiker bermotif batik. Pada peluncuran tahap awal ada dua gerbong kereta makan bermotif batik pada rangkaian kereta Argolawu dan Argojati.

"Pembuatan kereta batik ini sebagai wujud kepedulian PT Kereta api sebagai BUMN milik pemerintah terhadap pelestarian warisan budaya nasional batik," ungkap Eko Budyanto, Kahumas PT Kereta Api Daop VI Yogyakarta, disela-sela meninjau gerbong kereta batik di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Jumat (13/5/2011). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dua gerbong kereta makan bermotif batik saat ini dalam proses penyelesaian. Gerbong kereta makan untuk Argolawu bermotif batik Langlang Buana, sedang Argojati berhias motif Singobarong. 

"Ini inovasi dari PT Kereta Api agar warna kereta tidak monoton. Selain itu agar enak dilihat serta bisa menarik minat warga masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi kereta api," tambah Eko. 

Dua gerbong kereta makan yang dibatik ini merupakan rangkaian baru untuk Argolawu jurusan Solo Balapan-Gambir dan Kereta Ragojati jurusan Bandung. Menurut rencana Gerbong kereta batik ini akan diluncurkan pekan depan oleh Menteri Perhubungan Freddy Number, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X