Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden PKS Mulai Dekati Petani

Kompas.com - 23/04/2011, 18:57 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Presiden Partai Keadilan Sejahtera mulai menjalin kedekatan dengan para petani di kota wisata Batu, Jawa Timur. Kepada para petani PKS berjanji siap menurunkan akademisi dan peneliti untuk mengatasi masalah yang dialami gabungan kelompok tani (gapoktan).

Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaaq, Sabtu (23/4/2011) sore, melakukan pertemuan dengan petani di perkebunan apel, Bumiaji, Kecamatan Batu, Kota Batu. Acara tersebut diberi nama Sambang Petani. Kepada media seusai bertemu dengan petani, Lutfhi menyampaikan bahwa PKS adalah partai yang memang concern terhadap pengembangan dan penjagaan petani lokal.

"PKS menempatkan Bapak Suswono sebagai Menteri Pertanian sebagai bukti keseriusan PKS terhadap petani dan keberlangsungan peran Indonesia sebagai negara agraris," katanya.

Lutfhi berjanji PKS siap menurunkan akademisi dan peneliti yang ahli pertanian untuk mengatasi masalah yang dialami gapoktan-gapoktan yang ada di Jawa Timur. "Saat ini sudah waktunya petani harus memiliki diversifikasi usaha tani, misalnya bidang pengolahan pertanian dan bidang peternakan," katanya.

Apalagi, beber Lutfhi, Indonesia sudah telanjur menandatangani AFTA (perdagangan bebas) sehingga impor dari luar tidak bisa dihindari lagi. Oleh karena itu, petani harus siap mengantisipasi hal tersebut dengan membuat inovasi pertanian dan hasil-hasil pertanian.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Hamy Wahjunianto mengatakan, DPW PKS Jawa Timur telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Dewan di masing-masing kota/kabupaten di Jawa Timur untuk aktif memberikan advokasi dan dorongan kepada gapoktan yang ada. Tujuannya agar lebih berdaya dan dapat mengakses kebijakan pemerintah daerah.

"Instruksi itu telah mulai terlihat hasilnya dengan hadirnya program-program DPD PKS ataupun DPW yang menyentuh langsung kepada petani," kata Hamy.

Kedatangan Luthfi Hasan Ishaaq di Malang adalah dalam rangka menghadiri sekaligus membuka Mukerwil DPW PKS Jawa Timur, yang akan ditutup dengan jalan sehat bersama warga Malang yang dilaksanakan pada Minggu di Kota Malang.

Penutupan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) DPW PKS Jawa Timur, Sabtu tadi, dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, yang bertempat di Hotel Gajah Mada, Kota Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com