Presiden PKS Mulai Dekati Petani

Kompas.com - 23/04/2011, 18:57 WIB
EditorPepih Nugraha

MALANG, KOMPAS.com — Presiden Partai Keadilan Sejahtera mulai menjalin kedekatan dengan para petani di kota wisata Batu, Jawa Timur. Kepada para petani PKS berjanji siap menurunkan akademisi dan peneliti untuk mengatasi masalah yang dialami gabungan kelompok tani (gapoktan).

Presiden PKS Lutfhi Hasan Ishaaq, Sabtu (23/4/2011) sore, melakukan pertemuan dengan petani di perkebunan apel, Bumiaji, Kecamatan Batu, Kota Batu. Acara tersebut diberi nama Sambang Petani. Kepada media seusai bertemu dengan petani, Lutfhi menyampaikan bahwa PKS adalah partai yang memang concern terhadap pengembangan dan penjagaan petani lokal.

"PKS menempatkan Bapak Suswono sebagai Menteri Pertanian sebagai bukti keseriusan PKS terhadap petani dan keberlangsungan peran Indonesia sebagai negara agraris," katanya.

Lutfhi berjanji PKS siap menurunkan akademisi dan peneliti yang ahli pertanian untuk mengatasi masalah yang dialami gapoktan-gapoktan yang ada di Jawa Timur. "Saat ini sudah waktunya petani harus memiliki diversifikasi usaha tani, misalnya bidang pengolahan pertanian dan bidang peternakan," katanya.

Apalagi, beber Lutfhi, Indonesia sudah telanjur menandatangani AFTA (perdagangan bebas) sehingga impor dari luar tidak bisa dihindari lagi. Oleh karena itu, petani harus siap mengantisipasi hal tersebut dengan membuat inovasi pertanian dan hasil-hasil pertanian.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Hamy Wahjunianto mengatakan, DPW PKS Jawa Timur telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Dewan di masing-masing kota/kabupaten di Jawa Timur untuk aktif memberikan advokasi dan dorongan kepada gapoktan yang ada. Tujuannya agar lebih berdaya dan dapat mengakses kebijakan pemerintah daerah.

"Instruksi itu telah mulai terlihat hasilnya dengan hadirnya program-program DPD PKS ataupun DPW yang menyentuh langsung kepada petani," kata Hamy.

Kedatangan Luthfi Hasan Ishaaq di Malang adalah dalam rangka menghadiri sekaligus membuka Mukerwil DPW PKS Jawa Timur, yang akan ditutup dengan jalan sehat bersama warga Malang yang dilaksanakan pada Minggu di Kota Malang.

Penutupan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) DPW PKS Jawa Timur, Sabtu tadi, dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, yang bertempat di Hotel Gajah Mada, Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.