Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu di Magelang Jangan Cuma Didata

Kompas.com - 18/04/2011, 18:43 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Penanganan serangan hama ulat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dinilai lamban oleh DPRD setempat. Pasalnya, langkah yang dilakukan oleh dinas terkait baru sebatas pendataan dan pengamatan.

"Hama ulat bulu sudah menyerang 6 kecamatan di Kabupaten Magelang. Itu sudah nyata-nyata meresahkan masyarakat, saat ini masyarakat butuh langkah konkret," ujar Suwarsa, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Magelang, Senin (18/4/2011).

Meskipun pendataan juga dinilai penting, pihaknya meminta dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan, jangan sampai hanya berkutat pada langkah tersebut. Menurut Suwarsa, saat ini masyarakat sudah melakukan tindakan pembasmian secara tradisional, yaitu dengan pembakaran maupun dengan menebang pohon yang sudah diserang oleh ulat bulu.

"Itu, kan, baru secara tradisional dan lokal, sementara yang menggunakan pestisida belum ada karena soal pestisida itu tidak semua orang mengetahuinya, maka ini tugas dari pemerintah," tegasnya.

Sementara itu, Pratondo, koordinator pengamat hama penyakit, tanaman pangan dan holtikultura Kabupaten Magelang, mengaku telah melakukan koordinasi dengan Bupati dan akan segera melakukan langkah nyata pembasmian ulat bulu.

"Kami sudah ketemu dengan bupati, Senin ini kita baru pengadaan pestisida untuk membasmi ulat-ulat itu, kemudian langkah konkretnya hari Rabu besok kita akan lakukan penyemprotan secara serentak di wilayah-wilayah yang telah terkena hama ulat bulu itu," jelas Pratondo.

Pratondo menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah mengerahkan 15 petugas pengawas lapangan. Mereka akan melakukan penanganan dini serta melakukan pendataan dan pendampingan kepada masyarakat.

Seperti diberitakan, hama ulat bulu telah menyerang 6 wilayah kecamatan dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang, yakni Kecamatan Ngluwar, Sawangan, Mungkid, Muntilan, Bandongan, dan Kaliangkrik. Selain ulat bulu, di wilayah ini juga diserang hama ulat grayak (ulat tentara), yaitu jenis ulat yang memakan semua jenis tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com