Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu Juga Serang Madura

Kompas.com - 17/04/2011, 14:48 WIB

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Dua kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, diserang ulat bulu. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Larangan dan Kecamatan Pakong. Di Kecamatan Larangan yang diserang tepatnya di Desa Peltong. Sedangkan di Kecamatan Pakong yang diserang Desa Bicorong.

Hasbullah (39) warga Desa Peltong mengatakan, ulat yang menyerang desanya banyak terjadi pada pohon singkong, pohon jati putih dan tanaman kacang-kacangan. "Saya terkejut karena serangan ulat sampai di Pamekasan," kata Hasbullah, Minggu (17/4/2011).

Mantri Tani Desa Peltong Supriyanto saat meninjau lokasi mengatakan, serangan ulat tersebut masih belum banyak menyebar tanaman lainnya. Namun demikian, masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyebarannya.

"Cuaca yang tidak menentu seperti ini, menyebabkan penyebaran dan perkembangbiakannya ulat cepat. Sehingga warga harus waspada," terangnya.

Tidak hanya menyerang pepohonan dan tanaman, ulat juga menjalar ke dinding-dinding rumah warga.

Sementara itu Cacuk Wiyono, Pengamat Hama Penyakit (PHP) untuk tiga kecamatan, Kecamatan Larangan, Kecamatan Galis, dan Kecamatan Kadur menuturkan, pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium jenis ulat yang menyerang di dua kecamatan tersebut.

"Sementara ini belum kami pastikan jenisnya, hari ini langsung kami lakukan uji laboratorium," terang Cacuk Wiyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com