Ulat Bulu Juga Serang Madura

Kompas.com - 17/04/2011, 14:48 WIB
EditorTri Wahono

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Dua kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, diserang ulat bulu. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Larangan dan Kecamatan Pakong. Di Kecamatan Larangan yang diserang tepatnya di Desa Peltong. Sedangkan di Kecamatan Pakong yang diserang Desa Bicorong.

Hasbullah (39) warga Desa Peltong mengatakan, ulat yang menyerang desanya banyak terjadi pada pohon singkong, pohon jati putih dan tanaman kacang-kacangan. "Saya terkejut karena serangan ulat sampai di Pamekasan," kata Hasbullah, Minggu (17/4/2011).

Mantri Tani Desa Peltong Supriyanto saat meninjau lokasi mengatakan, serangan ulat tersebut masih belum banyak menyebar tanaman lainnya. Namun demikian, masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyebarannya.

"Cuaca yang tidak menentu seperti ini, menyebabkan penyebaran dan perkembangbiakannya ulat cepat. Sehingga warga harus waspada," terangnya.

Tidak hanya menyerang pepohonan dan tanaman, ulat juga menjalar ke dinding-dinding rumah warga.

Sementara itu Cacuk Wiyono, Pengamat Hama Penyakit (PHP) untuk tiga kecamatan, Kecamatan Larangan, Kecamatan Galis, dan Kecamatan Kadur menuturkan, pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium jenis ulat yang menyerang di dua kecamatan tersebut.

"Sementara ini belum kami pastikan jenisnya, hari ini langsung kami lakukan uji laboratorium," terang Cacuk Wiyono.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X