Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ulat Bulu Menyerang Pohon Mangga

Kompas.com - 15/04/2011, 18:54 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Ribuan ulat bulu menyerang pohon-pohon mangga di Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, beberapa hari terakhir. Meningkat pesatnya populasi ulat bulu ini diyakini ikut dipengaruhi cuaca ekstrem.

Kepala Balai Proteksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Rozali, Jumat (15/4/2011), mengatakan, ulat bulu yang diperkirakan masuk dalam genus Euproctis ini menyerang lima pohon mangga.

"Tiap pohonnya ada 500-1.000 ulat. Saat ini sudah kami tangani dan dikendalikan dengan menyemprotkan pestisida," tutur Rozali mengungkapkan upaya penanganan yang dilakukan pihaknya untuk mencegah penyebaran ulat bulu di Desa Tridarmayoga, Lampung Selatan, itu.

Menurut dia, secara fisik, bentuk ulat bulu di Lampung Selatan ini mirip dengan yang ditemukan di banyak daerah di Jawa. Namun, ia pesimistis itu merupakan jenis ulat yang sama dengan yang banyak berkembang biak di Pulau Jawa akhir-akhir ini.

Meskipun, lokasi Desa Tridarmayoga ini berada tidak jauh di jalur perlintasan, yaitu 150 meter dari jalan lintas pantai timur Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com