DKI Gratiskan Obat Gatal-gatal

Kompas.com - 15/04/2011, 17:39 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 11 orang melaporkan mengalami gata-gatal akibat ulat bulu yang menyerang Jakarta beberapa waktu lalu. Untuk itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menggratiskan warga yang memerlukan obat-obat gatal. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati, Jumat (15/4/2011) di Balaikota, Jakarta. "Sejauh ini sudah ada 11 orang yang melapor gatal-gatal di Jakarta," katanya.

Menurut Dien, gatal-gatal yang dialami warga tersebut masih terbilang ringan sehingga untuk penyembuhannya hanya menggunakan talek. "Apabila sudah semakin parah, kami pakai tablet. Tetapi sejauh ini belum ada," ujarnya.

Di dalam pemberian obat-obatan gatal tersebut, warga tidak akan dipungut biaya sepersen pun. "Kami gratiskan obat-obatnya. Caranya cukup datang saja ke puskesmas terdekat," kata Dien.

Wabah ulat bulu yang belakangan ini menyerang Ibu kota membuat 11 orang di Kelurahan Tanjungduren, Jakarta Barat, mengalami gatal-gatal. Di Tanjungduren, 1.800 ulat bulu menyerang pohon cemara di sepanjang Kali Sekretaris.

Selain di Tanjungduren, serangan ulat bulu juga terjadi di Rawabadak, Jakarta Utara, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Ulat bulu di Rawabadak menyerang rumput TPU Plumpang. Jenis ulat bulu di Jakarta masih tengah diteliti Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta di labolatorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Proteksi Tanaman, Cibubur, Jakarta Timur.

Namun, bisa dipastikan bahwa ulat bulu di Jakarta berbeda dengan Probolinggo, Jawa Timur, karena memiliki bulu yang lebih lebat. Keberadaan ulat bulu di sejumlah daerah ini diperkirakan terjadi akibat rusaknya ekosistem alam di mana pemangsa ulat bulu, seperti serangga, kian menghilang lantaran musim hujan yang berkepanjangan. Cuaca panas ekstrem juga membuat suhu menjadi lembab sehingga mempercepat proses metamorfosis ulat bulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.