Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Keluarga Ulat Bulu Beraksi di Bali

Kompas.com - 15/04/2011, 10:48 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Serangan hama ulat bulu di enam Kabupaten/Kota di Bali terus berlangsung. Meski belum menyerang kebun-kebun secara luas, ulat bulu ini terlihat di sejumlah tanaman sekitar pemukiman warga. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali bersama tim peneliti dari Universitas Udayana berhasil mengidentifikasi jenis ulat bulu yang diduga muncul karena proses migrasi ini.

Dari hasil penelitian, terdapat empat famili ulat bulu yang ditemukan di berbagai daerah. Famili Lymantriidae dan famili Amatidae ditemukan di Buleleng, sementara famili Saturniidae terdapat di Karangasem. Ulat dari keluarga Saturniidae ini merupakan pemain lokal dan lama yang biasa menyerang jambu mete.

Sementara famili Limacodidae yang ditemukan di Nusa Penida menyerang sedikitnya lima pohon kelapa. Sedangkan ulat bulu yang menyerang pohon Ketapang di Desa Taro, Gianyar sama familinya dengan yang di Buleleng, yakni famili Lymantriidae.

"Meledaknya populasi empat famili ulat bulu di Bali ini akibat tidak seimbangnya ekosistem alam," ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali, Made Putra Suryawan di Denpasar, Jumat (15/4/2011). Untuk mengatasinya, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Bali akan mengedepankan upaya biologis yakni mengembalikan ekosistem alami setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com