Foke: Ulat Bulu? Jangan Khawatir

Kompas.com - 13/04/2011, 18:12 WIB
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke mengingatkan warga agar tidak mengkhawatirkan kehadiran ulat bulu di kawasan RT 15 RW 7 Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sebab, pemerintah tidak akan berpangku tangan.

”Saya sudah instruksikan Kepala Dinas Peternakan berkoordinasi dengan lembaga berwenang agar segera bisa diambil langkah apabila kehadiran ulat bulu ini menjadi wabah ulat bulu,” ucapnya seusai membuka Musyawarah Rencana Pembangunan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (13/4/2011).

Foke yakin ada teknologi lewat ramuan kimia yang bisa mengatasi masalah ini. ”Yang penting warga tanggap, lapor, dan awasi langkah penanggulangan yang dilakukan aparat,” katanya.

Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jakbar Bambang Wisanggeni mengatakan, instansinya bersama instansi terkait lainnya sejak Rabu memantau lahan pertanian, taman, ataupun persawahan.

”Kami belum menemukan lagi hama ulat bulu selain di Tanjung Duren Utara. Jika warga Jakarta di tempat lain melihat serangan ulat bulu, bisa langsung menghubungi telepon genggam saya, 082111283676, atau ke kantor Sudin Pertanian dan Kehutanan 021-58356239. Kami akan datang melakukan penyemprotan gratis,” tutur Bambang Wisanggeni.

Ketua RT 15 RW 7 Usman Amar saat ditemui di rumahnya mengatakan, warga telah mengusulkan Camat Grogol Petamburan Tadjudin Widodo agar menebang saja 30 pohon cemara yang menjadi sarang ulat bulu sejak tahun 2007 itu.

Camat menolak karena UU dan perda melarang. Menurut Bambang Wisanggeni, ulat bulu berkembang pesat karena ekosistem terganggu, yakni kala jumlah burung dan semut merah berkurang. Kedua binatang adalah pemangsa ulat bulu. Sekurangnya, ada 60 ulat bulu di setiap pohon cemara di sana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.