Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dilakukan Ulat Bulu dalam 5 Hari

Kompas.com - 13/04/2011, 17:54 WIB

KENDAL, KOMPAS.com — Ulat bulu yang menyerang Desa Candiroto Brangsong, Kendal, Jawa Tengah, sangat ganas. Dalam lima hari, ulat bulu tersebut bisa menghabiskan seluruh daun satu pohon mangga.

Warga setempat sangat khawatir. Apalagi, ulat bulu sudah mulai menempel di rumah-rumah dan masuk ke mushala yang ada sehingga warga tidak nyaman ketika menjalankan ibadah shalat.

Seperti yang diakui oleh salah satu warga Candiroto, Wahyudi. Menurutnya, ulat bulu yang menyerang di desanya semakin bertambah banyak meskipun warga sudah melakukan pembasmian dengan cara membakar.

"Dalam kurun waktu lima sampai enam hari, semua daun-daun yang ada di pohon mangga bisa habis dimakan ulat tersebut," kata Wahyudi, Rabu (13/4/2011). Dinas Pertanian Kabupaten Kendal, lewat staf Bagian Pengendalian Hama, Sudoyo, mengaku, pihaknya telah melakukan penyemprotan di beberapa daerah yang terserang ulat berbulu.

Namun, dalam satu lokasi tidak bisa dilakukan sekali penyemprotan. "Kalau hanya sekali, ulat-ulat bulunya ada yang belum mati sehingga hama itu kembali menjalar," katanya. Untuk memastikan bahwa ulat berbulu tersebut telah mati, ia kembali melakukan penyemprotan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com