Ini Dilakukan Ulat Bulu dalam 5 Hari

Kompas.com - 13/04/2011, 17:54 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

KENDAL, KOMPAS.com — Ulat bulu yang menyerang Desa Candiroto Brangsong, Kendal, Jawa Tengah, sangat ganas. Dalam lima hari, ulat bulu tersebut bisa menghabiskan seluruh daun satu pohon mangga.

Warga setempat sangat khawatir. Apalagi, ulat bulu sudah mulai menempel di rumah-rumah dan masuk ke mushala yang ada sehingga warga tidak nyaman ketika menjalankan ibadah shalat.

Seperti yang diakui oleh salah satu warga Candiroto, Wahyudi. Menurutnya, ulat bulu yang menyerang di desanya semakin bertambah banyak meskipun warga sudah melakukan pembasmian dengan cara membakar.

"Dalam kurun waktu lima sampai enam hari, semua daun-daun yang ada di pohon mangga bisa habis dimakan ulat tersebut," kata Wahyudi, Rabu (13/4/2011). Dinas Pertanian Kabupaten Kendal, lewat staf Bagian Pengendalian Hama, Sudoyo, mengaku, pihaknya telah melakukan penyemprotan di beberapa daerah yang terserang ulat berbulu.

Namun, dalam satu lokasi tidak bisa dilakukan sekali penyemprotan. "Kalau hanya sekali, ulat-ulat bulunya ada yang belum mati sehingga hama itu kembali menjalar," katanya. Untuk memastikan bahwa ulat berbulu tersebut telah mati, ia kembali melakukan penyemprotan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.