Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal, Penyelundupan 34 Penyu Langka

Kompas.com - 13/04/2011, 14:34 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Petugas tim terpadu pengawasan laut Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan penyu langka ke Singapura, Rabu (13/4/2011).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, sepuluh nelayan asal Pulau Tanah Kengkeng, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan ditangkap petugas di perairan Tanjung Dato, Kecamatan Binuang. Dari tangan mereka disita 34 ekor penyu langka dan dilindungi. Selain itu, dua buah kapal motor, jaring dan alat tangkap penyu diamankan sebagai barang bukti.

Penyu-penyu langka berbobot 75 kilogram hingga 85 kilogram ini disita petugas saat akan dibawa 8 kapal nelayan ke Takalar.  Selama ini dikenal, penyu hijau dan penyu sisik di perairan Tanjung Dato, Kecamatan Binuang merupakan satwa yang dilindungi.

Sebelum ke Singapura, rencananya penyu-penyu ini akan dijual kepada seorang penadah di Makassar dan Takalar, senilai Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu per kilogram.

Kesepuluh tersangka kini diamankan di Mapolres Polewali Mandar. Mereka dijerat Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda Rp 100 juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com