Ulat Bulu Serang 6 Kabupaten/ Kota di Bali

Kompas.com - 13/04/2011, 13:09 WIB
EditorHeru Margianto

DENPASAR, KOMPAS.com - Serangan ulat bulu yang merebak di Bali sejak seminggu terakhir terus meluas. Sampai hari ini Dinas Pertanian Tanaman Provinsi Bali mencatat sudah 6 Kabupaten/ Kota yang telah melaporkan temuan kasus serangan ulat bulu. 

"Kita sudah mendapat laporan serangan ulat bulu di 6 Kabupaten, Jembrana, Buleleng, Karangasem, Klungkung, Gianyar, dan Denpasar," ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Made Putra Suryawan, di Denpasar, Rabu (13/04/2011). 

Di Kabupaten Jembrana ulat bulu menyerang satu pohon Kenanga, di Buleleng menyerang 7 pohon mangga, di Klungkung 5 pohon kelapa, di Denpasar menyerang tanaman disemak-semak dan sebuah pohon bentanu, di Karangasem belum diidentifikasi, dan yang terbanyak terdapat di Gianyar yakni 12 pohon mangga. 

Dari hasil pengamatan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Bali, jumlah populasi ulat bulu di setiap daerah pun beragam." Di Buleleng satu pohon 300 sampai 1.000 ulat bulu, Di Denpasar 100 sampai 1.000, di Klungkung dan Gianyar 20 ulat bulu," jelas Putra Suryawan. 

Jika satu pohon populasi ulat bulu masih dibawah 20 masih mudah diatasi, sementara jika mencapai 1000 ekor akan semakin sulit membasminya. Pemerintah Provinsi Bali belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa atas fenomena ini karena belum sampai menganggu produksi pertanian. 

"Bukan KLB, Kalau di pertanian statusnya terancam, yang kedua tingkat serangan ringan, sedang, berat, puso. Ini baru ancaman," ungkap Suryawan. 

Sejauh ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan Bali sudah melakukan berbagai langkah pemberantasan diantara penyemprotan pestisida disetiap pohon yang terserang ulat bulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.