1800 Ulat Bulu Rambah Tanjung Duren

Kompas.com - 13/04/2011, 13:03 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena serangan ulat bulu yang menggemparkan sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, kini mulai merambah Jakarta. Ulat bulu diketahui mulai menyerang kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, sejak Selasa (12/4/2011) kemarin. Akan tetapi, jenis ulat bulu di Jakarta berbeda dengan wabah ulat bulu yang terdapat di Probolinggo, Jawa Timur.

"Memang benar sudah ada ulat bulu itu. Tapi ini berbeda seperti yang terjadi di Probolinggo," ujar Kepala Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat, Bambang Wisanggeni saat dihubungi wartawan, Rabu (13/4/2011).

Bambang menjelaskan, ulat bulu di kawasan Tanjung Duren ini sudah ada sejak tahun 2007. Keberadaannya musiman dan sudah menertap di wilayah tersebut. Ulat bulu ini menyerang 30 pohon cemara yang ada di Kali Sekretaris, tepatnya RT 15 RW 7, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Pada satu pohon cemara terdapat sekitar 60 ulat yang berkembang biak. Sehingga, sekitar 1.800 ulat menyerang 30 pohon cemara di wilayah itu. Namun, Bambang menuturkan, ulat bulu ini tidak sampai menjalar ke rumah warga seperti halnya yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Dengan demikian, ulat bulu tidak akan mengganggu warga sekitar.

"Hingga kini belum ada laporan warga yang mengaku terserang ulat bulu. Apakah terjangkit gatal-gatal karena serangan ulat bulu tersebut. Kemungkinan menyebar sangat kecil," katanya.

Adapun, untuk mengantisipasi keberadaan ulat bulu semakin menyebar, Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat telah mengerahkan petugas untuk melakukan penyuluhan pertanian dan memantau kondisi tanaman-tanaman di Jakarta Barat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.