Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Tulisan Sansekerta di Sumbar Hilang

Kompas.com - 13/04/2011, 02:49 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Tulisan dengan huruf-huruf Sansekerta terdapat pada situs cagar budaya baru Tungku Tigo Sajarangan di Nagari Wisata, Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sudah hilang dan tidak tampak lagi.

Menurut cerita sejarah pada batu situs itu bertuliskan huruf-huruf Sansekerta, tetapi kenyataannya, saat dilihat di lapangan, tulisan tersebut sudah tidak tampak lagi, kata peneliti arsitektur Minang dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta Padang, Dr Eko Alvares, di Padang, Selasa (12/4/2011).

Padahal, tambahnya, tiga batu pada situs Tungku Tigo Sajarangan tersebut telah dipagari dan dilindungi pemerintah sebagai salah satu situs cagar budaya prasasti Pariangan.

Ia menjelaskan, situs Tungku Tigo Sajarangan terdiri dari tiga buah batu peninggalan sejarah Pariangan yang letaknya berdekatan.

Menurut cerita sejarah masyarakat setempat, terdapat sumber air panas yang terletak di antara ketiga batu tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, air panas yang keluar dipercaya sebagai air yang seolah-olah dimasak oleh sebuah tungku yang terbuat dari susunan tiga batu tersebut.

Alvares menjelaskan, Nagari Pariangan yang memiliki wilayah seluas 17,97 km persegi itu telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu obyek wisata, khususnya wisata budaya.

Nagari ini terletak di lereng gunung berapi pada ketinggian 500 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Pariangan terdiri dari empat kota dengan tujuh suku, yakni Koto, Piliang, Dalimo, Sikumbang, Pisang, Malayu, dan Guci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com