Ulat Bulu Probolinggo-Malang Satu Famili

Kompas.com - 12/04/2011, 06:47 WIB
Editoryuli

MALANG, KOMPAS.com - Ulat bulu yang menyerang pepohonan di Kota Malang, Jawa Timur, sejak Senin (11/4/2011), ternyata masih famili dengan ulat di Kabupaten Probolinggo.

Hal itu menurut hasil pengamatan Kepala Laboratorium Hama Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Ir Totok Himawan. Menurut Totok, ulat bulu di Probolinggo dan Pasuruan itu adalah dampak dari erupsi Gunung Bromo.

"Abu letusan Bromo mengganggu parasit yang ada di telur ulat, sehingga jumlah telur yang menetas cukup banyak," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (11/4/2011).

Menurut dia, untuk ulat bulu yang menyerang Kota Malang, relatif tidak terdampak abu Bromo. Parasit yang ada di telur mampu mengontrol jumlah yang menetas, meski saat ini menjelang musim kemarau, saat yang tepat bagi ulat untuk bertelur dan menetas.

Ia memperkirakan, masuknya ulat bulu ke Kota Malang diperkirakan membuat populasi ulat bulu di Malang tidak akan meledak. Jenis ulat di Probolinggo sangat berbeda dibanding dengan di Malang.

Di Probolinggo termasuk jenis Arctornis dan berada di pepohonan Mangga. Ulat bulu di Kota Malang memang masih satu famili, tapi jenisnya adalah ulat bulu Orgia atau Lymantria.

"Yang di Probolinggo biasanya ada di pohon mangga, kalau yang di Malang bisa saja ada di pohon cemara. Namun, masih sedikit lebih berbahaya yang di Probolinggo," ujarnya.

Maksudnya, lanjut dia, potensi gatal-gatal yang disebabkan oleh ulat di Probolinggo lebih besar. "Sementara di Kota Malang, bila terkena kulit manusia lebih cepat hilang gatal-gatalnya dalam sehari," katanya.

Totok menambahkan, ulat bulu di Kota Malang itu tidak akan terjadi ledakan populasi seperti layaknya di Probolinggo," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.