Ulat Bulu Serang Sekolah di Kendal

Kompas.com - 11/04/2011, 14:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KENDAL KOMPAS.com — Wabah ulat bulu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, semakin meluas. Bahkan, kini menyerang bangunan sekolah. Akibatnya, siswa merasa tidak tenang ketika menjalani proses belajar.

Salah satu gedung sekolah yang diserang ulat bulu adalah SD Negeri I Candiroto Brangsong, Kendal. Agar ulat bulu tidak masuk ke ruang kelas, pihak sekolah hanya menyapu halaman sekolah yang dipenuhi ulat berbulu, kemudian membakarnya meskipun beberapa saat kemudian, ulat bulu kembali menempel di tembok pagar sekolah.

Menurut salah satu siswa SDN I Candiroto Abdul Latif, ia sangat takut dengan ulat bulu, apalagi sebelum ini ia pernah ditempeli ulat bulu dan mengalami gatal-gatal. "Ulat bulu itu berasal dari pohon mangga yang ada di sekitar sekolahan. Saya ngeri kalau melihatnya," kata Abdul Latif, Senin (11/4/2011).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN I Candiroto Yuni Kesmanta mengatakan, ulat bulu mulai terlihat sejak empat hari lalu. Namun, sejak kemarin, ulat-ulat itu sudah mulai merambah di pohon-pohon mangga yang ada di sekitar sekolah. "Pohon mangga yang ada di sekolahan itu mulai diserang ulat. Kini anak-anak takut," ujarnya.

Ia menambahkan, meskipun belum mengganggu proses belajar mengajar, pihaknya mewaspadai ulat-ulat berbulu tersebut. Pasalnya, ada di antara anak-anak yang takut sehingga belajarnya tidak tenang. "Ya, antisipasi kami sekarang ini, rajin-rajin membersihkannya supaya tidak lebih menjalar," katanya.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pertanian segera melakukan penyemprotan. 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X