Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Gorontalo Rawan Penyelewengan

Kompas.com - 06/04/2011, 16:05 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Tahapan pemilihan kepala daerah Provinsi Gorontalo rawan penyelewengan. Modus penyelewengan tersebut antara lain memanipulasi jumlah suara salah satu kandidat. Kondisi geografis di Gorontalo menjadi salah satu faktor penyebab kerawanan itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya mengemukakan hal itu, Rabu (6/4/2011) di Gorontalo. Menurut Salahudin, pada pemilu legislatif di Gorontalo tahun 2009, terjadi dua kasus penyelewengan jumlah suara kandidat. Penyelewengan terjadi saat pelimpahan kotak suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Kondisi geografis di Gorontalo, khususnya dari tingkat desa ke kecamatan, masih relatif sepi dari permukiman. Sangat rawan terjadi manipulasi di tengah jalan," kata Salahudin.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Bidang Divisi Hubungan Antarlembaga, Pengolahan Data dan Informasi, Verrianto Madjowa, mengatakan, di Gorontalo pernah terjadi dua kasus penyelewengan jumlah suara. Dua kasus itu adalah pemilu legislatif Kota Gorontalo dan pemilu legislatif Provinsi Gorontalo tahun 2009. Salah satu kandidat saat itu memanipulasi jumlah suara.

"Dalam proses pelimpahan kotak suara dari PPS ke PPK, jumlah suara dimanipulasi. Kandidat tersebut mengambil jumlah suara kandidat yang lain dalam satu partai yang sama dengan cara mengubah surat berita acara," ungkap Verrianto.

Oleh karena itu, menurut Verrianto, tugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Gorontalo cukup berat. Mereka harus mengawasi dengan ketat seluruh tahapan tersebut untuk mencegah kecurangan. Pengawasan ketat dilakukan termasuk saat pelimpahan kotak suara dan berita acara dari PPS ke PPK.

Pemungutan suara pada Pilkada Provinsi Gorontalo akan diselenggarakan pada 16 November 2011. Pada hari yang sama adalah tahapan pelimpahan kotak suara dan berita acara dari PPS ke PPK. Pada hari yang sama juga dilaksanakan pilkada di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com