Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Berkobar Lagi di Kilang Cilacap

Kompas.com - 05/04/2011, 12:52 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Api di tangki 31 T-7 di kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, kembali berkobar Selasa (5/4/2011) siang. Padahal, api tersebut telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.35.

"Pukul 12.05 WIB, pertempuran melawan kobaran api di tangki 31 T-7 belum berakhir. Proses pemadaman dan pendinginan terhadap tangki 31 T-7 terus dilakukan, termasuk terhadap kobaran api yang kembali menjalar pada sekitar pukul 12.00 WIB," ungkap Mochamad Harun, VP Corporate Communication PT Pertamina, di Jakarta, Selasa.

Menurut Harun, berkobarnya kembali api diduga disebabkan angin yang cukup besar yang membuat fluida panas yang tersisa di dalam tangki 31 T-7 memecah foam yang sudah menutupi permukaan fluida. "Karena minyak di dalam tangki masih cukup panas, maka foam yang ditembakkan ke dalam meletus," jelasnya.

Pada saat yang bersamaan, Pertamina juga terus melakukan proteksi dan pendinginan terhadap tangki 32 T-104 yang berdekatan dengan tangki 31 T-7. Harun juga mengatakan petugas akan kembali menembakkan foam ke arah tangki 31 T-7. "Sekarang kita punya persediaan foam 70 ton, jadi enggak masalah kita akan tembakkan lagi foam," kata dia.

Tangki 31 T-7 merupakan tangki terakhir yang berhasil dipadamkan, setelah sebelumnya tangki 31 T-2 dan 31 T-3 telah dipadamkan pada Minggu (3/4/2011). Pemadaman ini dibantu dengan menggunakan Terminator Canon Foam yang mampu menyemprotkan campuran foam dan air dengan daya lontar hingga 3.500 galon per menit.

Butuh foam sekitar 24 ton per jam dan suplai air dari 2 jalur pipa. Pasokan foam terus ditambah dengan mendatangkan stok dari beberapa daerah, termasuk dari Jakarta sebanyak 25 ton.

Pada saat yang bersamaan, proses proteksi dan pendinginan di tangki 31 T-104 yang berdekatan dengan tangki 31 T-7 juga terus dilakukan untuk menjaga suhu tangki tersebut di bawah 50 derajat celcius.

Sementara kedua tangki yang terbakar lainnya, yaitu tangki 31 T-2 dan 31 T-3 sudah dinyatakan padam sejak Minggu (3/4/2011) lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com