Kulonprogo Tetapkan KLB Leptospirosis

Kompas.com - 05/04/2011, 10:50 WIB
EditorHertanto Soebijoto

KULONPROGO,KOMPAS.com - Kasus penyakit leptospirosis di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta terus meningkat. Selama tahun 2011 ini sudah ada 133 kasus. Sebanyak 11 orang di antaranya meninggal dunia.

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akhirnya menetapkan kasus leptospirosis sebagai kejadian luar biaa (KLB). Penetapan KLB ini mengacu pada SK Bupati No 360/901 tertanggal 1 Maret 2011. Namun surat ini baru diterimakan oleh Dinas Kesehatan pada akhir Maret lalu.

"Leptospirosis ini sudah ditetapkan sebagai KLB," tutur Kepala Dinas Kesehatan Lestaryono.

Kasus Leptospirosis, ditengarai sebagai penyakit baru di Kulonprogo. Penyakit ini baru ditemukan di 2007 dengan tiga kasus. Begitu pula di 2008 dan 2009. Lonjakan baru terjadi pada 2010 dengan ditemukan 55 kasus, 8 orang di antaranya meninggal dunia. Sedangkan di tiga bulan awal 2011, sudah ada 133 kasus, dan 11 di antaranya meninggal.

"Dengan penetapan ini, sudah diambil langkah terpadu untuk penanggulangan dan pencegahan," jelasnya.

Kasi Pengamatan Penyakit dan Imunisasi Dinkes Baning Rahayu Jati mengatakan, kasus ini telah menyebar di 12 kecamatan yang ada di Kulonprogo. Mayoritas yang terserang adalah petani, laki-laki yang banyak melakukan aktivitas di persawahan. Penyakit ini dibawa oleh tikus, yang menularkan melalui kencing dengan media perantara air ataupun tanah. "Petani yang paling banyak terkena," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.