3.000 Korban Banjir Sangat Butuh Bantuan

Kompas.com - 03/04/2011, 18:27 WIB
EditorBenny N Joewono

TIMIKA, KOMPAS.com - Sekitar 3.000 korban banjir luapan Danau Paniai, Papua saat ini sangat membutuhkan bantuan bahan makanan seperti beras dan mie instan, tenda dan selimut.

Sekretaris Tim Penanganan dan Penanggulangan Bencana Banjir Danau Paniai, Hanok Pigai, Minggu (4/3/2011) mengatakan, dari 10 distrik di Kabupaten Paniai, tujuh di antaranya terkena dampak dari luapan Danau Paniai.

Dua distrik di antaranya yakni Distrik Ekadije dan Agadide mengalami dampak terparah.

"Saat ini ada ribuan warrga di Ekadije, Agadide dan Paniai Timur yang mengungsi ke rumah-rumah keluarga mereka di daerah ketinggian. Mereka sangat membutuhkan bantuan pangan, tenda, selimut dan bantal," tutur Hanok.

Selama kurun waktu satu bulan terakhir ini, permukaan Danau Paniai mengalami kenaikan akibat curah hujan yang tinggi di wilayah itu.

Luapan air dari Danau Paniai mengakibatkan lahan pertanian masyarakat setempat rusak, rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah juga ikut tergenang air sehingga warga harus mengungsi ke tempat yang tinggi.

Pada Kamis (24/3/2011), sebuah perahu motor yang ditumpangi 18 orang terbalik di Danau Paniai mengakibatkan 10 penumpang meninggal dunia, sedangkan delapan orang dinyatakan selamat. Jenazah para korban telah dikebumikan di Yagai Distrik Kebo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hanok, Bupati Paniai Naftali Yogi telah menyatakan daerahnya dalam status darurat bencana sehingga Pemda bersama masyarakat setempat terbuka atas uluran tangan berbagai pihak baik di Provinsi Papua maupun di pusat untuk mendistribusikan bantuan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.