Enam Heli Dikerahkan ke Cilacap

Kompas.com - 03/04/2011, 10:48 WIB
EditorA. Wisnubrata

CILACAP, KOMPAS.com - Pemerintah mengerahkan enam unit helikopter dari armada TNI AU untuk menyemprotkan busa (foam) pemadam api ke atas tiga tangki penimbunan BBM Kilang minyak Cilacap Jawa Tengah yang terbakar sejak Sabtu (2/4/2011) kemarin. Helikopter kini sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa Minggu (3/4) di Cilacap mengatakan, satu-satunya cara melokalisasi kobaran api yakni dengan menyemprotkan foam dari atas dengan helikopter. "Penyemprotan akan dilakukan sepanjang hari. Sebab, bahaya jika api menjalar ke tangki lain," ujarnya.

Selain helikopter dari TNI AU, Kepolisian Daerah Jateng juga mengerahkan satu unit helikoper dari Semarang. Saat ini helikopter dari Polda Jateng sudah sampai di Bandara Tunggul Wulung.

Menurut Istiawan, co-pilot Helikopter Polda, strategi final yang disiapkan untuk memadamkan api dengan bom foam. "Sebab, helikopter kami tidak dilengkapi selang penyemprot. Jika pun memakai selang penyemprot seperti biasa dipakai pada kebakaran hutan cukup riskan melihat kondisi lapangan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.