Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Heli Dikerahkan ke Cilacap

Kompas.com - 03/04/2011, 10:48 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Pemerintah mengerahkan enam unit helikopter dari armada TNI AU untuk menyemprotkan busa (foam) pemadam api ke atas tiga tangki penimbunan BBM Kilang minyak Cilacap Jawa Tengah yang terbakar sejak Sabtu (2/4/2011) kemarin. Helikopter kini sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa Minggu (3/4) di Cilacap mengatakan, satu-satunya cara melokalisasi kobaran api yakni dengan menyemprotkan foam dari atas dengan helikopter. "Penyemprotan akan dilakukan sepanjang hari. Sebab, bahaya jika api menjalar ke tangki lain," ujarnya.

Selain helikopter dari TNI AU, Kepolisian Daerah Jateng juga mengerahkan satu unit helikoper dari Semarang. Saat ini helikopter dari Polda Jateng sudah sampai di Bandara Tunggul Wulung.

Menurut Istiawan, co-pilot Helikopter Polda, strategi final yang disiapkan untuk memadamkan api dengan bom foam. "Sebab, helikopter kami tidak dilengkapi selang penyemprot. Jika pun memakai selang penyemprot seperti biasa dipakai pada kebakaran hutan cukup riskan melihat kondisi lapangan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com