Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Ketiga Terbakar

Kompas.com - 03/04/2011, 08:49 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Hingga Minggu (3/4/2011) pukul 08.00, sudah tiga tangki di Kilang Minyak Pertamina Cilacap yang terbakar. Api menjalar di tangki ketiga yakni 31 T-7 berisi kerosin pada Sabtu malam pukul 22.00.

Pantauan Kompas, petugas pemadam kebakaran gabungan masih berupaya menyemprotkan busa (foam) pemadam api ke badan tangki. Tangki pertama nomor 31 T-2 berisi zat oktan HOMC tinggal sepertiga bagian. Sementara tangki 31 T-3 tinggal separuh bagian karena sisanya sudah terbakar api.

Angin masih berhembus cukup kencang dari arah barat. Ini membahayakan unit tangki yang berada di sebelah timur karena berisi avtur.

Susanto (31) petugas pemadam kebakaran yang didatangkan dari Jakarta mengungkapkan, jika tangki keempat sampai terbakar, bisa terjadi kerusakan lebih parah karena tutup tangki bisa meledak dan lepas dari tempatnya.

Kebakaran di areal kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV, Cilacap, Jawa Tengah, bermula dari tangki 31 T-2 berkapasitas 10.487 kiloliter di area 31. Tangki yang berdiameter 20-24 meter dengan tinggi 17 meter tersebut berisi minyak ringan (HOMC) atau sejenis cairan untuk menaikkan kandungan oktan dalam proses pembuatan premium.

Saat terbakar, isi tangki hanya sekitar 60 persen atau 6.000 kiloliter. Tangki HOMC di kompleks Kilang Cilacap berjumlah empat unit dengan kapasitas total 61.300 kiloliter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com