Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh 40 Ton Busa Cair Atasi Kebakaran

Kompas.com - 02/04/2011, 20:24 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Untuk memadamkan kebakaran di tangki Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, setidaknya dibutuhkan sekitar 40 ton foam atau busa. Foam atau busa akan digunakan untuk menutup atau melapisi tangki yang belum terbakar. Masalahnya, jumlah foam yang ada saat ini masih sangat kurang.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Harikar Yuliarto seusai meninjau kebakaran, Sabtu (2/4/2011), menyatakan, busa tambahan akan segera didatangkan dari Jakarta.

"Malam ini akan didatangkan 5 ton foam dari Jakarta lewat Bandara Tunggul Wulung. Kami butuh 40 ton," katanya

Untuk upaya pemadaman, lanjut Harikar, akan fokus tiga hari hingga Senin (4/4/2011) lusa. 

Disinggung soal taksiran kerugian, Harikar menegaskan, pihaknya belum melakukan penghitungan. "Kami fokus ke pemadaman hingga Senin mendatang. Untuk taksiran kerugian bisa menggandeng surveyor independen," katanya.

Sementara itu, Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Edward Aritonang mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan jalur untuk pengiriman foam. Ia juga mengatakan, masyarakat di kompleks Pertamina untuk tetap tenang. "Hingga sore ini masih aman. Warga diminta tetap tenang dan mematuhi saran petugas," imbaunya. (Hanan Wiyoko/Tribun Jogja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com