Butuh 40 Ton Busa Cair Atasi Kebakaran

Kompas.com - 02/04/2011, 20:24 WIB
EditorAsep Candra

CILACAP, KOMPAS.com — Untuk memadamkan kebakaran di tangki Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, setidaknya dibutuhkan sekitar 40 ton foam atau busa. Foam atau busa akan digunakan untuk menutup atau melapisi tangki yang belum terbakar. Masalahnya, jumlah foam yang ada saat ini masih sangat kurang.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Harikar Yuliarto seusai meninjau kebakaran, Sabtu (2/4/2011), menyatakan, busa tambahan akan segera didatangkan dari Jakarta.

"Malam ini akan didatangkan 5 ton foam dari Jakarta lewat Bandara Tunggul Wulung. Kami butuh 40 ton," katanya

Untuk upaya pemadaman, lanjut Harikar, akan fokus tiga hari hingga Senin (4/4/2011) lusa. 

Disinggung soal taksiran kerugian, Harikar menegaskan, pihaknya belum melakukan penghitungan. "Kami fokus ke pemadaman hingga Senin mendatang. Untuk taksiran kerugian bisa menggandeng surveyor independen," katanya.

Sementara itu, Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Edward Aritonang mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan jalur untuk pengiriman foam. Ia juga mengatakan, masyarakat di kompleks Pertamina untuk tetap tenang. "Hingga sore ini masih aman. Warga diminta tetap tenang dan mematuhi saran petugas," imbaunya. (Hanan Wiyoko/Tribun Jogja)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.