Warga Sekitar Kilang Belum Dievakuasi

Kompas.com - 02/04/2011, 16:38 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Vice President Corporate Communication Pertamina Mochammad Harun mengatakan, hingga kini belum ada upaya evakuasi warga di sekitar Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, yang terbakar, Sabtu (2/4/2011).

Saat dikonfirmasi, Harun menjelaskan langkah evakuasi masih belum dilakukan karena jarak lokasi yang terbakar dengan perumahan penduduk jaraknya cukup jauh.

"Jarak cukup jauh. Jadi belum ada upaya evakuasi warga," ujar Harun.

Namun, menurut Harun, jika nantinya api semakin membesar dan dirasakan perlu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengungsikan warga.

"Jika kami anggap perlu, nanti kami koordinasikan dengan pemda untuk itu," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, sudah sepuluh jam api berkobar di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap sejak Sabtu pukul 04.55 WIB. Bahkan, setelah membakar tangki T31-2 berkapasitas 10.487 kiloliter yang berisikan minyak ringan HOMC (high octane mogas component), kini api melahap tangki lainnya, tangki T31-3.

Menurut Harun, kebakaran yang terjadi tidak menyebabkan gangguan produksi bahan bakar minyak kilang RU IV dan tidak menimbulkan korban jiwa. (Srihandriatmo Malau/Hasiolan EP Gultom)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.