Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sekitar Kilang Belum Dievakuasi

Kompas.com - 02/04/2011, 16:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Vice President Corporate Communication Pertamina Mochammad Harun mengatakan, hingga kini belum ada upaya evakuasi warga di sekitar Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, yang terbakar, Sabtu (2/4/2011).

Saat dikonfirmasi, Harun menjelaskan langkah evakuasi masih belum dilakukan karena jarak lokasi yang terbakar dengan perumahan penduduk jaraknya cukup jauh.

"Jarak cukup jauh. Jadi belum ada upaya evakuasi warga," ujar Harun.

Namun, menurut Harun, jika nantinya api semakin membesar dan dirasakan perlu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengungsikan warga.

"Jika kami anggap perlu, nanti kami koordinasikan dengan pemda untuk itu," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, sudah sepuluh jam api berkobar di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap sejak Sabtu pukul 04.55 WIB. Bahkan, setelah membakar tangki T31-2 berkapasitas 10.487 kiloliter yang berisikan minyak ringan HOMC (high octane mogas component), kini api melahap tangki lainnya, tangki T31-3.

Menurut Harun, kebakaran yang terjadi tidak menyebabkan gangguan produksi bahan bakar minyak kilang RU IV dan tidak menimbulkan korban jiwa. (Srihandriatmo Malau/Hasiolan EP Gultom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com